Tidak lengkap rasanya kalau ke Bandung tidak berwisata ke Tangkuban Perahu, sebuah tempat wisata alam yang ada di Bandung Utara. Gunung cantik ini dinamai Tangkuban Perahu, memang kalau dilihat dari jauh mirip banget dengan perahu terbalik. Menurut legenda orang Sunda, ini adalah warisan dari Sangkuriang.

Untuk mencapai Tangkuban Perahu, sangat mudah. Bisa pake mobil, sepeda motor atau angkutan umum. Wilayah wisata tangkuban perahu posisinya ada diutara kota Bandung, tepatnya di Cikole Lembang. Untuk pergi ke sana, dari Bandung kota kita mengadakan perjalanan sekitar 7 km ke arah Lembang dengan udara yang dingin dan sejuk. Seterusnya mengambil jalur ke utara pada titik puncak pass antara perbatasan Bandung – Subang ada arah ke kekiri menuju Tangkuban Perahu.Disitu ada papan penunjuk arah yang jelas menunjukkan arah tangkuban perahu. Dari titik pertigaan ini, kita akan melalui jalan mendaki dan berkelok sekitar 3-4 km menuju arah puncak dengan memasuki hutan pinus dan perdu. Sepanjang jalan seringkali kita ditemani kabut tipis nan dingin, apalagi di musim hujan, menambah suasana romantis.

Setelah perjalanan mendaki, kita akan masuk kawasan kawan Tangkuban Perahu dimana kita disuguhi keelokan kawah tangkuban perahu yang melegenda itu. Kita bisa berjalan dan mengambil foto di gigiran kawah yang indah sambil sesekali menikmati bau belerang yang tertiup angin.

Ada beberapa kawah yang dapat Anda kunjungi di sekitar Tangkuban Perahu, yaitu Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas dan Pangguyangan Badak. Kawah Ratu, Kawah Upas, dan Kawah Domas merupakan kawah yang paling sering dikunjungi. Kawah Ratu berbentuk seperti mangkuk raksasa. Jika cuaca cerah, Anda dapat melihat dinding dan dasar cekungan kawah ini dengan jelas. Kawah Ratu merupakan kawah terbesar yang letaknya bersebelahan dengan Kawah Upas.

Kawah Upas bentuknya cukup dangkal dan datar pada bagian bawahnya sehingga ditumbuhi pepohonan liar di salah satu sisi dasar kawah. Kawah Domas bentuknya berupa cekungan yang mengeluarkan sumber air panas. Panas sumber air panas yang mengandung belerang tersebut, dapat Anda pergunakan untuk membasuh badan.

Untuk menuju kawah-kawah tersebut, Anda dapat berjalan kaki melewati jalan setapak dengan jarak tempuh antar kawah yang tidak begitu jauh.